Kategori Post


Mengenal Callback pada Javascript

2016-05-21 14:22:20 Ngasturi Doank

Seperti yang sudah disepakati diantara programmer, bahwa dalam membuat function / method kita melewatkan parameter, sedangkan dalam memanggil function / method tersebut kita melewatkan argumen. Parameter dan argumen hanyalah sebuah istilah saja, yang sebenarnya adalah sebuah variabel. Akan tetapi sudah menjadi kewajiban bahwa argumen yang kita masukkan / lewatkan pada sebuah function / method harus kita deklarasikan dan diinisialisasi, jika tidak compiler / interpreter akan protes, sehingga program error. Sedangkan untuk parameter tidak perlu diinisialisasi, cukup dideklarasikan saja. Hal ini umum disemua bahasa pemrograman. Seperti pada kode php berikut, program ini akan menyebabkan error karena argumen yang kita lewatkan tidak pernah kita inisialisasi.


<?php

    /*
    *   buat function sederhana
    *   dimana $usia diset sebagai parameter
    */
    function apakahMasihMuda($usia){
        if($usia <= 25){
            return true;
        }else{
            return false;
        }
    }
    /*
    *   panggil function diatas
    *   sengaja melewatkan variabel $usiaWati sebagai argumen
    *   karena $usiaWati tidak pernah dideklarasikan
    *   interpreter php akan protes bahwa $usiaWati undefined
    */
    if(apakahMasihMuda($usiaWati)){
        echo "masih muda";
    }else{
        echo "sudah tua";
    }

?>

Tetapi jika Anda baru saja beralih dari bahasa pemrograman lain (php, java dll) dan pindah haluan ke javascript, pernahkah Anda berpikir kenapa program dibawah ini tidak error ? (ini adalah potongan pemanggilan ajax dengan angularjs)

var url = 'http://localhost/latjs/api.php';

var postParam = {nama:'bejo'};
$http.post(url,postParam).success(function(data){
    console.log(data);
});

Terlihat dengan sangat jelas sekali bahwa dari kode diatas kita tidak pernah mendeklarasikan variabel data. Jika pada kode php sebelumnya terjadi error karena variabel $usiaWati tidak tersedia, tetapi pada kode javascript diatas kenapa tidak error ? padahal variabel data juga tidak pernah dideklarasikan apalagi diinisialisasi. Jika Anda heran atau bingung saya ucapkan SELAMAT DATANG DI CALLBACK WORLD. Ya paling tidak Anda sama dengan saya saat pertama kali berkenalan dengan javascript.

Lanjutkan Membaca


MySql - Apa itu Foreign Key ?

2016-03-09 12:33:08 Ngasturi Doank

Pada MySql kita menggunakan Primary Key untuk memastikan bahwa setiap baris atau record adalah unik (tidak ada data yang dobel). Pengertian Primary Key sudah cukup jelas sehingga cukup mudah dipahami.

Lalu bagaimana dengan Foreign Key ?

Dibandingkan dengan Primary Key, pengertian dan penggunaan Foreign Key kadang membuat kita bingung (paling tidak bagi saya) karena berhubungan dengan tabel lain. Bahkan setelah beberapa semester terlewati, saya baru dapat pencerahan mengenai Foreign Key ini (sebelum paham Foreign Key saya tetap menggunakannya dengan editor MySql Workbench, karena dengan menggunakan editor ini menambahkan Foreign Key mudah sekali, penggunaan Foreign Key pada Yii2 -- php framework yang biasa saya gunakan -- pun cukup mudah, jadi selama ini saya nyaris selalu menggunakan Foreign Key tapi tidak tahu maksudnya apa XD). Melalui tulisan ini saya akan berbagi mengenai apa yang saya tahu tentang Foreign Key dan bagaimana menggunakannya pada MySql.

Lanjutkan Membaca


Android Java - Transfer Data dengan Server PHP dan Database Mysql - Menggunakan Library AsyncHttpClient dan Picasso (bag 3)

2016-02-21 18:26:01 Ngasturi Doank

Setelah pada 2 tutorial sebelumnya kita mencoba untuk berkomunikasi dengan server php menggunakan class bawaan android dan java (baca disini dan disini), kali ini kita akan menggunakan library. Penggunaan library tentu saja akan mempercepat kita dalam membuat program, karena  proses umum seperti mengubah respon dari server menjadi JSONObject sudah sepenuhnya dilakukan oleh library, sehingga kita hanya perlu panggil saja.

Pada tutorial kali ini kita juga mulai menggunkan database mysql, tidak seperti tutorial sebelumnya yang full array. Aplikasi kita kali ini cukup sederhana, hanya terdiri dari 2 activity saja, yaitu MainActivity, dan KaryawanActivity. Pada MainActivity user akan diminta memasukkan akun untuk login yaitu berupa email dan password, setelah berhasil login dengan cara mengirim akun ke server dan dicocokkan dengan database mysql, user dapat menuju KaryawanActivity untuk melihat daftar karyawan yang berisi nama, email, alamat dan foto yang juga didapatkan dari database mysql.

Berikut adalah screenshot hasil akhirnya :

Lanjutkan Membaca


Android Java - Transfer Data dengan Server PHP - JSONObject atau JSONArray ? (bag 2)

2016-02-21 05:09:14 Ngasturi Doank

Melanjutkan tutorial sebelumnya (Anda dapat baca disini) untuk mengolah data dari server PHP yang berupa json kita bisa menggunakan class JSONObject atau JSONArray. Penggunaan JSONObject dan JSONArray ini tergantung dari data json yang diterima. Dan penggunaanya tidak bisa ditukar. Pada tutorial ini saya akan berbagi bagaimana dan kapan kita sebaiknya menggunakan JSONObject atau JSONArray.

 

Lanjutkan Membaca




Android - List View dengan Custom Array Adapter (bag 2)

2016-02-16 21:58:59 Ngasturi Doank

Melanjutkan tutorial sebelumnya ( Anda dapat baca disini) kali ini saya akan berbagi bagaimana membuat ListView yang tidak hanya menampilkan satu TextView saja. Dengan membuat custom ArrayAdapter kita dapat memasukkan layout dengan tampilan apa saja kedalam ListView. Kita juga dapat menset agar custom ArrayAdapter ini  dapat menampilkan data dari Objek, tidak hanya String.

Pada tutorial ini kita akan membuat sebuah class dengan nama Customer dengan property nama, alamat dan email. Dengan custom ArrayAdapter dan custom layout kita akan menampilkan data tersebut kedalam ListView.

Lanjutkan Membaca


Android Java - Transfer Data dengan Server PHP (bag 1)

2016-02-14 14:42:10 Ngasturi Doank

Android umumnya ditulis dengan bahasa java (walaupun dengan bahasa lain juga bisa), sedangkan web dapat ditulis dengan banyak bahasa. Yang paling umum tentu saja bahasa PHP. Lalu bisakah android yang ditulis dengan bahasa java berkomunikasi dengan server yang ditulis dengan bahasa PHP ? Jawabannya : BISA.

Pada tutorial ini saya akan berbagi bagaimana menulis kode android agar dapat berkomunikasi (transfer data) dengan server PHP. Tutorial ini kemungkinan akan saya bagi menjadi beberapa bagian, pada bagian pertama ini saya akan berbagi bagaimana mengakses variabel PHP dari android, bagaimana mengirim data dari android ke PHP dan bagaimana mengolah array PHP dengan JSON. Pada bagian kedua mungkin saya akan menulis bagaimana membuat program Create, Read, Update dan Delete dengan android, PHP dan database mysql.

Lanjutkan Membaca


Apa yang dipelajari di kursus gitar classic yamaha ? (buku 1)

2016-01-24 15:27:36 Ngasturi Doank

Ingin bisa bermain gitar classic ? Bingung memilih tempat kursus ? Ragu dengan usia yang sudah tidak muda lagi apakah masih layak kursus gitar ? Belajar gitar itu ribet nggak sih ? Perlukah belajar not balok ? Yah, pertanyaan seperti ini serig kali membuat kita ragu untuk memutuskan mengitkuti kursus gitar atau tidak. Kali ini saya akan sharing pengalaman kursus gitar classic saya di Yamaha, barangkali bisa menjadi acuan bagi Anda yang tertarik untuk belajar gitar classic.

Intro

Saya pria yang sudah tidak remaja lagi (saya tidak akan menyebut usia). Saya sudah bekerja, dan pada malam hari saya juga kuliah di sebuah perguruan tinggi swasta di kota surabaya saat tulisan ini dibuat. Saya ikut kursus gitar pada hari sabtu sepulang kerja.

Model Kursus

Jika Anda mengambil kelas privat gitar classic Anda akan mendapatkan sebuah buku. Buku ini ada beberapa tingkatan (saya tidak tahu berapa banyak tingkatannya). Bagi yang mulai belajar akan mendapatkan buku 1. Buku ini sekitar 40-an halaman, tidak terlalu tebal memang. Buku 1 ini terdiri dari 5 bagian yaitu 3 bagian materi, 1 bagian yang berisi lagu-lagu dan 1 bagian yang berisi informasi umum. Buku ini ditulis dalam bahasa inggris, tetapi hanya ditulis ringkas saja, sehingga kadang saya tidak paham ini maksudnya apa, sehingga membutuhkan penjelasan guru untuk memahaminya. Jadi siapkan buku catatan saat Anda memutuskan untuk mengikuti kursus gitar di Yamaha.

Lanjutkan Membaca


Android - List View Sederhana (bag 1)

2015-12-11 00:40:05 Ngasturi Doank

List View adalah komponen dalam android yang digunakan untuk menampilkan data dalam bentuk daftar secara vertikal. List view biasanya disusun dalam bentuk baris tanpa kolom. Contoh penggunaan list view antara lain adalah daftar nomor telepon atau kontak bbm.

Untuk membuat list view kita bisa membuatnya pada layout dengan tag <ListView ></ListView> atau dengan menggunakan class ListFragment. Kedua cara ini terdapat perbedaan dalam penerapannya, tetapi akan menghasilkan list view dengan tampilan yang sama. Tutorial ini akan dibagi dalam 2 bagian. Bagian pertama yaitu menampilkan data berupa string sederhana dan bagian yang kedua menampilkan data berupa object custom. Kedua tutorial akan membahas pembuatan list view baik dengan tag <ListView ></ListView> atau ListFragment

Lanjutkan Membaca


Mengenal Array List pada Java

2015-11-29 11:09:52 Ngasturi Doank

Array adalah suatu kumpulan data. Biasanya array terdiri dari satu tipe data saja, misal integer, boolean, String, objek dan lain-lain. Tetapi tergantung dari bahasa pemrograman, pada bahasa php misalnya, Anda dapat menempatkan sembarang tipe data pada suatu array. Dalam satu array terdiri dari integer, string, objek pun tidak masalah, yah itulah hebatnya php. Hidup PHP !!!

Pada php panjang array juga tidak ditentukan, Anda bebas untuk menambah dan menghapus elemen yang ada pada array, sehingga panjangnya bisa berubah. Lalu bagaimana dengan Java ? Sayangnya array pada java hanya bisa menampung satu tipe data saja, dan panjangnya harus Anda tentukan dari awal. Anda tidak dapat menambah panjang array pada Java. Lalu bagaimana jika kita ingin membuat suatu kumpulan data yang dinamis, sehingga bisa kita tambah dan hapus sesuai keinginan kita ?

Lanjutkan Membaca


Menentukan Nama Kaki Relay 5 Pin

2015-10-30 19:10:53 Ngasturi Doank

Relay adalah perangkat elektronik yang terdiri dari elektromagnet (Coil) dan saklar atau switch. Pada kondisi relay tidak menerima tegangan, kaki COM akan tersambung dengan kaki NC. Sedangkan pada saat menerima tegangan kaki COM akan tersambung dengan kaki NO. Relay biasanya digunakan sebagai saklar untuk mengontrol peralatan lain.

Relay biasanya terdiri dari 5 pin (sebagai contoh relay Hanaya T73-022) yaitu pin VCC, Ground, COM, NO, dan NC. Tetapi sayangnya seringkali pada relay tidak ditulis dengan jelas nama pin-pin tersebut sehingga menyusahkan kita saat akan memasangnya.

Lanjutkan Membaca